Rumah Plakat: Fungsi, Jenis, dan Bahan Plakat untuk Kenang-kenangan

 


Rumah plakat bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang mencari plakat kenang kenangan, penghargaan, maupun suvenir. Plakat sendiri merupakan jenis karya seni yang terbuat dari bahan pilihan untuk dijadikan suvenir maupun hadiah bagi individu, organisasi, maupun instansi.

Fungsi Plakat

Plakat biasanya diberikan dalam acara-acara tertentu. Plakat bisa berfungsi sebagai hadiah dalam perlombaan maupun penghargaan, kenang-kenangan, hingga bentuk ucapan terima kasih. Oleh karenanya, desain pada plakat pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis dan Bentuk Plakat

Seiring perkembangan zaman, jenis dan bentuk plakat pun semakin bervariatif. Biasanya jenis dan bentuk plakat menyesuaikan dengan keperluan. Untuk keperluan penghargaan, plakat dapat dibentuk sesuai dengan lambang ataupun simbol yang mencerminkan acara penghargaan tersebut. Begitu pula untuk plakat akrilik wisuda, trofi perlombaan, maupun plakat untuk kenang-kenangan pernikahan.

Semakin unik bentuk plakat maka semakin menarik pula tampilannya. Dengan begitu plakat tidak hanya berfungsi sebagai hadiah, namun juga bisa digunakan untuk mempercantik interior ruangan. Selain bentuk yang menyesuaikan keperluan, plakat tersedia dalam bentuk dasar. Seperti persegi, bulat, asimetris, dan lain sebagainya.

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Plakat

Dalam pembuatan plakat ada beberapa bahan yang biasa digunakan. Seperit kayu, akrilik, kaca, fiber glass, resin, maupun marmer. Masing-masing bahan memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pun teknik desain yang diaplikasikan dalam plakat.

  1. Plakat dari kayu

Bahan pertama yang sering digunakan untuk membuat plakat adalah kayu. Meskipun saat ini banyak bahan instan seperti resin dan akrilik, nyatanya plakat dari kayu masih diminati banyak orang. Penggunaan kayu sebagai plakat memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah bahannya yang awet dan tahan banting.

Selain itu, plakat yang terbuat dari kayu lebih fleksibel, sehingga lebih mudah dibentuk dan dikombinasikan dengan bahan lainnya. Biasanya plakat kayu dijadikan kenang kenangan pkl maupun suvenir untuk merepresentasikan instansi dalam event tertentu. Karena pembuatannya yang tidak mudah, plakat kayu biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding bahan lainnya.

  1. Plakat dari resin

Selain kayu, pembuatan plakat juga menggunakan bahan resin. Plakat yang terbuat dari resin cenderung lebih cepat dari segi pengerjaan. Sebab plakat resin dibuat menggunakan cetakan tertentu yang bisa digunakan untuk beberapa kali produksi.

Selain pengerjaan yang lebih cepat, plakat resin memiliki harga yang cenderung lebih terjangkau. Sehingga plakat dari resin bisa jadi pilihan pas untuk Anda yang mencari plakat murah. Untuk mempercantik tampilan, plakat resin dapat ditambah ornamen, foto, logo instansi, maupun ikon tertentu yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Plakat dari akrilik

Rumah Plakat juga menggunakan bahan akrilik dalam pembuatan plakat. Model plakat akrilik tak kalah bervariatif dari plakat resin maupun kayu. Plakat wisuda akrilik maupun plakat untuk kenang-kenangan dari bahan ini memiliki tampilan yang cukup menarik. Sebab bahan akrilik cenderung bening menyerupai kaca.

Akrilik juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain untuk dijadikan plakat. Salah satunya adalah kombinasi kayu dan akrilik. Sama seperti resin, plakat akrilik memiliki waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat. Sebab plakat akrilik dibentuk dengan teknik cetak.

  1. Plakat dari marmer

Batu marmer juga sering kali dipilih sebagai bahan pembuatan plakat atau vandel. Dari segi tampilan, plakat marmer menggunakan teknik seni ukir dan pahat pada batu, sehingga tampilannya pun terlihat lebih menarik dan unik. Sementara dari  waktu pengerjaan, plakat dari marmer cenderung lebih cepat selesai.

  1. Plakat dari kaca

Material terakhir yang sering digunakan untuk membuat plakat adalah kaca. Sama seperti plakat pada umumnya, plakat kaca dapat dikreasikan sesuai dengan kebutuhan. Plakat jenis ini juga dapat dikombinasikan dengan material lainnya. Meski begitu, plakat kaca butuh perawatan ekstra sebab mudah pecah jika terjatuh.

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Plakat

Apapun bahan plakat yang Anda pilih, sebelum mendesain dan memesan plakat ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Poin-poin ini terbilang penting, sebab dapat menentukan harga plakat yang Anda pesan.

  1. Bahan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa plakat terbuat dari bahan yang beragam. Selain mempunyai karakteristik yang berbeda, bahan plakat juga mempunyai harga yang berbeda. Plakat akrilik murah dibanderol dengan harga yang berbeda dari plakat kayu. Begitu pun dengan plakat yang terbuat dari bahan lainnya. Oleh karenanya untuk mengetahui kisaran harga dari plakat yang dipesan, Anda bisa melihatnya dari bahan yang digunakan.

  1. Desain

Desain turut mempengaruhi harga plakat. Tidak terkecuali plakat kayu murah. Desain dapat mempengaruhi tampilan plakat yang Anda pesan. Untuk menghasilkan tampilan yang unik, Anda membutuhkan desain yang unik pula.

Meski begitu, menyelaraskan desain dengan event adalah salah satu langkah bijak. Dengan begitu, plakat Anda akan memiliki tampilan yang merepresentasikan event tersebut. Desain plakat dapat Anda buat sendiri ataupun menyerahkannya pada jasa pembuatan plakat.

  1. Teknik pemotongan

Ada berbagai macam teknik pemotongan yang digunakan dalam pembuatan plakat. Untuk plakat yang terbuat dari akrilik terdapat teknik pemotongan dengan laser dan pemotongan manual. Jika dibandingkan, teknik pemotongan menggunakan laser mempunyai harga lebih mahal dibanding teknik pemotongan manual.

  1. Teknik pewarnaan plakat

Selain teknik pemotongan, teknik pewarnaan plakat turut menentukan mahal tidaknya plakat tersebut. Teknik pewarnaan plakat yang umum digunakan adalah teknik 2 dimensi dan 3 dimensi. Jika dibandingkan, teknik pewarnaan 2 dimensi cenderung lebih praktis dan cepat. Sebab metode yang digunakan dalam teknik pewarnaan 2 dimensi adalah teknik sablon atau printing.

  1. Aksesoris tambahan

Semakin banyak aksesoris atau ornamen tambahan yang Anda minta, maka semakin tinggi pula harga plakat tersebut. Sebab itu Anda bisa menyesuaikan jumlah aksesoris dengan kebutuhan. Jika Anda tidak ingin menambah aksesoris, Anda bisa memaksimalkan tampilan plakat melalui desain tulisan maupun gambar yang lebih menarik.

Memilih Jasa Pembuatan Plakat yang Tepat

Terlepas dari jenis plakat yang Anda pesan, pemilihan tempat pembuatan plakat adalah hal utama yang tidak boleh dikesampingkan. Daripada tergiur harga murah, akan lebih bijak jika Anda mencari jasa pembuatan plakat yang profesional, terpercaya, dan berpengalaman.

Bagi Anda yang masih bingung mencari jasa pembuatan plakat, trophy, maupun vandel, Anda dapat memilih jasa yang menyediakan berbagai macam produk. Mulai dari jual plakat kayu, plakat akrilik, plakat kaca, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui fungsi, jenis, bahan, dan faktor apa saja yang mempengaruhi harga plakat, pastikan untuk memilih jasa yang tepat. Bila Anda mencari jasa jual plakat murah dan jual plakat wisuda, Anda dapat menggunakan jasa dari Rumah Plakat. Selain melayani pembuatan plakat dari bergai bahan, jasa pembuatan plakat ini memiliki harga yang relatif terjangkau dengan kualitas tak kalah dari jasa lainnya.

 

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel