Ini Loh Berbagi Jenis Plakat yang Bisa Jadi Hadiah Spesial dengan Harga Murah

 


Harga plakat kayu dan plakat dari bahan atau material lain memiliki harga yang bervariasi. Plakat biasanya terbuat dari bermacam-macam bahan. Mulai dari kayu hingga akrilik dan marmer. Material pembuatan plakat inilah yang menentukan harga sebuah plakat.

Saat ini berbagai macam jenis plakat bisa Anda jumpai di pasaran. Tentunya dengan variasi harga untuk setiap material dan bentuk plakat. Anda bahkan bisa memilih atau bahkan membuat desain plakat Anda sendiri.

Karena hingga saat ini, plakat masih sangat populer untuk dijadikan kado, hadiah, kenang-kenangan, hingga suvenir. Berbagai jenis plakat kini beredar di pasaran. Anda perlu mengetahui dengan baik karakter dan perbedaan bahan-bahan atau material yang digunakan untuk membuat plakat. Hal ini akan membantu Anda memilih jenis bahan plakat sesuai kebutuhan Anda, berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Material yang Digunakan untuk Pembuatan Plakat

1.     Kayu

Kayu menjadi bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat plakat. Selain karena mudah didapatkan, kayu juga mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan penggunaan plakat. Plakat kayu juga punya sifat kuat dan tahan lama.

Bagi Anda yang menyukai kesan klasik dan elegan plakat dengan bahan kayu bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda menginginkan desain plakat yang tergolong rumit, harga plakat kayu bisa jadi lebih lebih mahal dibanding plakat dengan material lain.

2.     Resin

Resin juga menjadi salah satu material pembuat plakat. Ada beberapa macam jenis resin yang biasanya digunakan untuk pembuatan bahan kerajinan seperti plakat. Di antaranya yang paling banyak digunakan adalah resin poliuretan, resin silikon dan resin epoksi atau resin polyepoxide.

3.     Akrilik

Saat ini populer plakat dengan material akrilik. Akrilik ini populer karena memiliki ketahanan yang baik terhadap benturan. Selain itu, harganya relatif lebih murah dibanding material lain tergantung pada ukuran, kerumitan desain dan ketebalan dari akrilik yang dipilih.

4.     Logam

Biasanya bahan logam yang dijadikan bahan plakat adalah aluminium, stainless steel, kuningan dan berbagai jenis logam lainnya bergantung pada pemesannya. Plakat dengan bahan dasar logam dikenal awet dan tahan lama.

5.     Fiber

Fiber banyak digunakan untuk plakat-plakat seperti trofi atau lebih akrab dengan sebutan piala. Trofi atau piala yang biasa Anda lihat terbuat dari fiber yaitu, campuran dari beberapa bahan yang kemudian dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. Sama halnya dengan material lain, harga plakat dengan bahan ini bergantung pada kerumitan desain dan ukuran plakat.

6.     Marmer

Selain bahan-bahan di atas, marmer juga populer untuk dijadikan bahan dasar plakat. Biasanya marmer juga digunakan untuk dekorasi tambahan pada piala atau trofi perlombaan dengan bahan fiber.

Tips Memilih Plakat Menurut Materialnya

Bagi Anda yang berminat untuk memberikan hadiah berupa plakat yang terpenting adalah Anda memahami karakter material dasar plakat. Anda juga perlu memerhatikan kerumitan desain plakat yang Anda inginkan.

Karena kerumitan desain ini juga memengaruhi harga plakat pesanan Anda selain berdampak pada lamanya waktu pembuatan plakat pesanan Anda. Harga plakat kayu atau plakat dengan material lain bisa jadi lebih mahal karena desain plakat yang rumit.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel