Beda Material, Harga Pembuatan Plakat juga Berbeda

 


Material Menentukan Harga Plakat

Harga pembuatan plakat biasanya bergantung pada bahan dasar atau material pembuatannya. Bahan dasar atau material untuk pembuatan plakat ini juga bermacam-macam. Anda bisa memilih material pembuat plakat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakter masing-masing bahan dasar yang digunakan untuk membuat plakat ini.

Plakat adalah barang kerajinan yang biasanya dijadikan hadiah atau kenang-kenangan dan suvenir. Model-model plakat juga sangat bervariasi tergantung keinginan pemesannya. Selain itu, bahan-bahan dasar pembuatan plakat juga bervariasi. Jika Anda tertarik memesan sebuah plakat untuk hadiah atau kenang-kenangan, Anda bisa menyesuaikan material pembuatan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda belum mengetahui bahan apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat plakat serta karakternya, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu. Karena pengetahuan Anda terkait bahan dasar pembuatan plakat ini bisa membantu Anda memilih plakat yang Anda inginkan. Juga merencanakan desain dan harga plakat yang sesuai kebutuhan Anda.

Mengenal Material Pembuat Plakat

Terdapat berbagai macam material yang biasanya digunakan untuk membuat plakat. Pemilihan material ini juga biasanya berpengaruh pada harga pembuatan plakat yang dipesan nantinya. Material yang digunakan seperti:

1.     Kayu, kayu merupakan bahan yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar plakat bahkan sebelum material lain populer. Bahan plakat yang satu ini terbilang relatif murah dibanding material lain. Akan tetapi desain yang rumit dapat menaikkan harganya.

Hal tersebut karena proses pembuatan untuk desain yang rumit juga memerlukan teknik yang lebih tinggi untuk bahan kayu. Tapi secara umum plakat dengan bahan dasar kayu relatif lebih murah dibandingkan plakat dengan bahan dasar lain

2.     Logam, logam juga banyak digunakan sebagai material atau bahan dasar membuat plakat. Logam memiliki karakter yang tahan lama dan tidak mudah rusak apabila dijadikan bahan dasar pembuat plakat. Akan tetapi plakat dengan bahan dasar logam murni biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal.

3.     Marmer, marmer memiliki kesan yang mewah dan elegan sehingga tidak jarang banyak orang memilih marmer sebagai bahan dasar plakat pesanan mereka. Namun marmer memiliki karakter yang cukup berat apabila digunakan untuk plakat-plakat dengan ukuran yang besar. Harganya pun relatif lebih mahal.

4.     Akrilik, saat ini sangat populer plakat dengan bahan dasar akrilik karena mudah ditemui dan harganya juga relatif lebih murah dibandingkan bahan dasar lain. Karakternya yang seperti kaca namun kuat juga menjadikan bahan plakat yang satu ini populer.

5.     Resin, terdapat dua jenis resin yang biasanya dijadikan bahan plakat, yaitu resin jernih dan resin buram. Perbedaan kedua jenis resin ini hanya terletak pada harga dan tingkat kejernihannya. Resin jernih biasanya lebih mahal dibandingkan resin buram.

6.     Fiber, plakat dengan bahan dasar fiber dibuat dengan meracik bahan-bahan lain yang kemudian dicetak untuk dijadikan plakat sesuai kebutuhan. Bahan fiber ini populer untuk plat berbentuk piala tau trofi.

Demikian bahan dasar atau material pembuat plakat dan karakternya. Perlu Anda ingat bahwa selain jenis bahan yang dapat memengaruhi harga pembuatan plakat, kerumitan desain dan ukuran juga menjadi poin kunci.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel